06 Februari, 2020

Waspada VIrus Toxoplasma pada Kucing

Terkadang kita cukup memahami bahwa kucing kampung liar berpotensi menularkan virus toksoplasma kepada manusia, tapi kurang menyadari bahwa kucing kampung liar tersebut juga berpotensi menularkan toksoplasma kepada hewan peliharaan di rumah.

Kucing yang terinfeksi toksoplasma secara alami mengeluarkan parasit bersama kotoran. Akan tetapi, tetap saja ada parasit yang tertinggal di bulu dan berpotensi menular melalui sentuhan. Jika tertular kepada manusia, maka manusia yang terinfeksi akan mengalami demam, kelelahan, nyeri otot, radang tenggorokan, dan gejala flu lainnya. Bahkan, menjadi lebih berbahaya lagi jika yang terinfeksi sedang hamil karena berpotensi keguguran.
Toksoplasma. Sumber: doktersehat.com
Pengobatan:
- Penderita bisa pulih secara alami dalam 6 minggu dengan memperhatikan pola makan, minum,dan istirahat. Jika tidak ada perubahan, harus diperiksakan ke dokter
- Namun untuk penderita yang hamil harus segera diperiksakan ke dokter dikhawatirkan akan terjadi komplikasi

Antisipasi:
- Hindari kontak dengan kucing liar dan hewan liar lainnya
- Hindari kucing peliharaan memakan tikus dan bersentuhan dengan hewan liar
- Mandikan kucing peliharaan secara rutin
- Selalu mencuci tangan setelah menyentuh kucing peliharaan

Silakan mampir juga ke blog saya yang pertama (tentang hewan, hukum, inovasi, manajemen, dan sepak bola), kedua (tentang kesehatan & kemanusiaan, full text english) dan ketiga (tentang masalah & solusi kelistrikan). Semoga bermanfaat. Terima kasih. Berikut link-nya: