20 Januari, 2020

Penyakit Eksim pada Kelinci atau Terwelu


Hewan seperti kelinci atau terwelu rentan terkena penyakit eksim. Hal ini diakibatkan lingkungan sekitar yang tidak bersih atau kondisi hewan jarang dibersihkan (misal dimandikan, ditaburi bedak, bulu yang panjang dan menggulung dirapikan).

Eksim atau radang kulit adalah masalah kulit, ditandai dengan bisul. Jika bisul dihancurkan, bisa berdampak peradangan lebih luas dan mudah menular ke manusia. Selain itu, eksim dapat menyebabkan bulu kelinci menjadi rontok. Untuk perawatan, gunakan sarung tangan untuk mencegah kontak langsung dengan kulit. Sebelum kelinci / kelinci menjadi lebih parah, lakukan instruksi ini:  
- Anda harus membersihkan kandang kelinci / terwelu yang sakit setiap hari. Karena kotoran kelinci / terwelu yang sakit berpotensi menyebarkan penyakit lain.
- Jemur kandang kelinci / terwelu secara rutin
- Keringkan kelinci / terwelu anda yang sakit di bawah terik matahari (sampai jam 9 pagi) untuk mengusir kuman
 - Mengeringkannya di bawah sinar matahari kelinci / terwelu anda yang sakit 
- Bersihkan eksim pada kelinci / terwelu dengan sabun cair 
- Potong bulu kelinci / terwelu yang ditumbuhi eksim 
- Jika kelinci / terwelu memiliki luka basah, keringkan dengan seng oksida 
- Berikan salep (untuk eksim) ke semua bisul 
- Berikan kelinci / terwelu yang sakit nutrisi yang baik

Silakan mampir juga ke blog saya yang pertama (tentang hewan, hukum, inovasi, manajemen, dan sepak bola), kedua (tentang kesehatan & kemanusiaan, full text english) dan ketiga (tentang masalah & solusi kelistrikan). Semoga bermanfaat. Terima kasih. Berikut link-nya: